Sunday, July 24, 2022

HARI ANAK HEBAT NASIONAL DENGAN BEBELAC


Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Anak hebat itu yang berani, sehat, pintar, beradab dan berilmu. Kedua putriku banyak main di rumah sama orang tuanya bercerita lewat buku cerita bergambar, buku yang 3D bisa visual via handphone, dan buku feel touch bisa disentuh seperti bentuk asli tokoh dalam buku misal bulu bebek, bulu domba, bulu kelinci dan rumput. Mewarnai dengan crayon dan cat air, bernyanyi dan mendengarkan cerita juga belajar membaca, kalistung juga mengaji dengan Alqolam didampingi Ibunya. 

Sesekali main ke wahana permainan di mall seperti Amazone dan super world, ke wisata alam seperti Taman Safari, Cimory Dairyland, D'kandang, Dinoland, The Farm Pancawati Taman Bunga Nusantara dan Taman Buah Mekarsari. Bagiku dan suami anak ya main belajar di rumah tapi bisa juga belajar saat kita berwisata. Jadi anak-anak mudah bergaul juga berani dan kebutuhan sosial emosional juga motorik bisa terpenuhi.


Bebelac pun merayakan hari anak hebat Nasional, "Hebatnya Caranya, Hebatnya Gro Great+" dengan moderator Inga Laurina.

Nadya Pramesrani, M.Psi./psikolog menyampaikan bahwa agar anak kita hebat dengan cara yaitu :
  1. Pemberian nutrisi yang tepat
  2. Menetapkan struktur dan rutinitas baru yang sesuai dengan perubahan yang terjadi
  3. Stimulasi kreatif di rumah yang diberikan melalui kerja sama antar orang tua
  4. Kesempatan bergerak aktif agar anak dapat tumbuh sehat dan berani, 300 menit/hari
  5. Interaktif dua arah untuk mengembangkan social emotional skills dan melatih kebaikan dalam anak
  6. Ajak anak lihat sekeliling apa ada yang butuh bantuan dan bagaimana cara bantunya.
Dengan memahami kondisi si kecil dan berangsur membaiknya kondisi pandemi saat ini. Orang tua mendapatkan kesempatan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, terutama di aspek  sosial emosional dan motorik. 2 aspek yang mengalami keterlambatan/masalah selama pandemi.



Menurut Annisa Ardielliaputri/marketing manajer Bebelac, anak hebat itu Happy Tummy, Happy Heart dan happy Brain.
Bebelac mendukung tumbuh kembang si kecil karena kadar gulanya juga sesuai persyaratan BPOM dan diseimbangkan dengan zat gizi lain yaitu POS:GOS, minyak ikan, zat besi, triple A(DHA, LA, ALA).


Menurut dokter spesialis anak dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K), pentingnya triple A (DHA,LA,ALA) asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh bisa memperkuat integritas struktur dan perkembangan otak, meningkatkan kemampuan kognitif, serta mendukung perilaku yang baik dan Happy Heart.

ALA/Alpha Linorecic Acid/Adam Inolanat merupakan asam lemak esensial mendukung kinerja DHA sehingga dapat bekerja dengan maksimal untuk membentuk sel otak.

DHA merupakan asam lemak esensial panjang tidak jenuh berperan penting dalam struktur fungsi jaringan saraf terutama jaringan saraf retina mata dan pertumbuhan otot.

Keunikan dan kelebihan kombinasi IcFOS:scGOS 1:9 yaitu :
  • Kadar antibodi pada selaput lendir saluran cerna lebih tinggi dibanding prebiotik lainnya
  • Formula yang mengandung prebiotik FOS&GOS mencegah infeksi saluran cerna dan ISPA
  • IcFOS dan scGOS menstimulasi pertumbuhan bakteri baik Bifidobacteria&Lactobacili
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi infeksi, elergi dan masalah saluran cerna.
Prebiotik dan Probiotik pada saluran cerna bedanya yaitu :

Prebiotik substrat berupa karbohidrat yang tidak dapat dicerna, yang penting untuk pertumbuhan bakteri baik contohnya : Fructo- oligosaccharides (FOS), Galacto-oligosaccharides (GOS), inulin, polidekstrose, pektin, laktulosa.

Probiotik bakteri/mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh contohnya : Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus reuteri, Bifidobacterium longum, Bifidobacterium Breve, Bifidobacterium infantis.

Gut Brain Axis : komunikasi dua arah otak dan saluran cerna saling memengaruhi satu sama lain.
Asam lemak rantai pendek berperan pada perkembangan saraf anak, mendukung fungsi memori dan kecerdasan otak melalui neurotransmiter Triptofan yang dapat meningkatkan produksi serotonin.

Serotonin sangat penting dalam mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi. Bila hormon serotonin cukup makan mood, suasana hati dan perilaku anak menjadi lebih baik.

Saluran cerna lebih dari sekedar mencerna, tidak hanya mengandung enzim-enzim untuk membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi, faktanya di saluran cerna juga merupakan organ imun terbesar di tubuh dan lokasi 100 trilliun bakteri. 

Putri Titian/Ibu Hebat Bebelac yang suka mengikuti bebeclub bersama anak-anaknya di rumah ada worksheet bisa dikerjakan sehingga mendukung tumbuh kembang anak optimal.

Aku pun sebagai seorang ibu setuju bahwa asupan nutrisi yang baik dan stimulasi yang tepat bisa menjadikan anak-anak kita hebat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup