Tuesday, March 12, 2019

PENULISAN NAMA DI TIKET PESAWAT DAN PASPOR BEDA TETAP BISA BERANGKAT DENGAN REMAKS


Ini kali ketiga aku bepergian ke luar negeri, pertama 2013 waktu ke Mekah Madinah Jedah transit di bandara KLIA dari bandara Soetta, ke Kuala Lumpur pakai pesawat Malaysia Airlines, dari Kuala Lumpur ke Jedah pakai pesawat Saudi Airlines. Kedua waktu 2015 ke Thailand, dari bandara Ahmad Yani Semarang ke bandara Soetta Tangerang pakai Garuda Indonesia dan dari Soetta ke bandara Swarnabumi Bangkok pakai Garuda Indonesia juga. Baliknya dengan pesawat yang sama.

Nah tahun lalu, aku, suamiku, Mara dan Septi temenku mau ke Penang, sudah beli tiket promo Air Asia dari bandara Surabaya ke Penang pp berdua hanya 700 ribu rupiah. Cuma waktu itu pas hari H mamahku operasi,  dan suamiku dapet hadiah dari kantornya yang pas hari itu ultah. Tiket cancel, pas hari H telfon CC Air Asia, uang tiket bisa kembali tapi potong 30 persen, sekitar 450ribu-an uang kembali seminggu kemudian. 

Tahun ini beli lagi tiket promo Malaysia Airlines, ini promo ya bukan error, belinya di tiket dot com. Kami berenam beli aku dan suamiku, Mara dan mbak Dian, juga mbak Wati dan suaminya. PP berdua hanya 700 ribu rupiah. Cuma pas berangkat MH operated by GA, jadi pilot, kru dan pesawatnya Garuda Indonesia, pas pulangnya pakai pesawat.  Malaysia Airlines.


Tiket kami beli November 2018, dan ketika jelang keberangkatan Februari 2019, kami cek tiket, ternyata tiket berangkat Garuda check in bisanya sehari sebelum berangkat, sementara tiket pulang Malaysia bisanya 2 hari sebelum berangkat. Akhirnya kami putuskan check in di bandara saja. Nah aku baru ngeh bahwa namaku harusnya vita pusvitasari menjadi vita puspitasari,  salah p harusnya v. Akhirnya email dan telfon tiket dot com, mereka cukup responsif dan membantu. Awalnya harus membeli tiket seharga 6juta-an rupiah dan bayar administration sekitar 273ribu-an rupiah. Akhirnya setelah Custumer Cervice/CC telfon aku, aku keberatan, karena kan memang mau berangkat karena tiket promo dari tiket dot com. Akhirnya uang admistrasi dikembalikan, gak ada sehari ke temanku @marasolehah dari tiket dot com, dan mereka memberikan penawaran remaks tiket, ditandai namaku di tiket saat check in Puspitasari harusnya Pusvitasari. Cuma katanya tak menjamin bahwa hal ini bisa berangkat. Bismillah aja banyakin doa. 
Dan ada temannya Mara bisa berangkat PP walau nama salah, dan dibetulkan malahan saat di bandara dekat Alfa express free tanpa biaya apapun, cuma pesawat pulang perginya Malaysia Airlines. 


Hari H tiba, tanggal 7 Maret 2019 kemarin, akhirnya aku bisa check in tanpa kendala dan tetep bisa berangkat ke Kuala Lumpur, dengan tiket yang sama, tanpa tambahan biaya apapun dan dengan remaks, kalau nama suamiku memang betul sesuai paspor.  Begitupun ketika di imigrasi gak ada masalah baik di Soekarno Hatta dan KLIA. Pas tiba dengan pesawat GA di KLIA, begitu pulang dari Kuala Lumpur ke Indonesia dengan pesawat MH di bandara KLIA,  Alhamdulillah happy. 


Di bandara Soetta kami sarapan AW, aku, suamiku, mbak Wati dan mbak Dian. Babe suaminya mbak Wati udah sarapan di rumah adiknya, Mara udah duluan pakai MH bisnis ada lounge dan sarapan. Eh ternyata di pesawat kami pun dikasih sarapan,  yang waktu pesawat Garuda Indonesia menunya nasi ayam pilihan suamiku, aku kwetiaw tuna, dan masih dikasih air mineral juga jus, ada roti dan fitbar juga puding. Waktu di pesawat Malaysia airlines dikasih makan malam, kami berdua milih nasi ayam, masih dikasih air mineral dan teh hangat dan jus boleh apel atau jeruk, ada buah, kacang asin, coklat juga roti. Kami pesawatnya ekonomi baik GA dan MH. 


Suasana di bandara KLIA, kamar mandi itu namanya tandas, ada surau atau musola, tempat ganti pampers atau lampin, dan ada money changer lengkap dengan nilai kurs tukar mata uangnya. 


Suasana di bandara Soekarno Hatta, sekarang lebih nyaman dan bersih dibandingkan dulu. Kece dan keren deh Soetta sekarang, ada musola, ada tempat mandi khusus, ada tempat makan minum, juga toilet dan money changer. 
Perjalanan kami kemari 3 hari 2 malam, di Melaka dan Kuala Lumpur Malaysia, hadiah untuk anniversary kami yang ke-10 di Desember lalu. Pengen deh kapan-kapan hunting tiket promo ke Korea dan Jepang juga ibadah haji. Haji dan umroh itu bukan wisata religi ya tapi ibadah. 

50 comments:

  1. Aku pernah juga mengalami begini,mbak. Saat itu petugas check in sudah tidak mau membantu melakukan check in karena ia khawatir bermasalah di imigrasi nya. Tapi syukurnya akhirnya bisa berangkat juga walopun nama di tiket berbeda dengan di paspor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku urus ke pihak tiket dot com karena belinya disini, Alhamdulillah ya..

      Delete
  2. huhuhu asyiikk banget keknya perjalanan kaliaannn
    kmaren aslinya pengen ikutt tapi apalah daya uangnya kepake buat keperluan lain

    ReplyDelete
  3. Duhhh pengen juga deh, mau diajakin dong mba kalo ada tiket promk. Huehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang suka tahu dan dapet tiket promo itu Mara, aku ditawarin Mara kok :)

      Delete
  4. Wah bagus kalau bisa dibenerin saja, ya jangan malah dijadikan alasan untuk mempersulit kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal kita nya juga usaha pasti bisa, aku email pihak tiket, lalu dm di ig juga message di twitter, hingga bicara di telfon sama customer cervicenya tiket dot com heuheu..

      Delete
  5. Wah happy anniversary ya teh Vita. Semoga sampai kakek nenek tetap bisa menikmati halan halan berdua ya

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah..senang ya mba...lancar jalan2nya... Ditunggu cerita selanjutnya.. Oya kapan2 colek2 aku kalau ada tiket promo lagi y mba..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah mbak tanti, yang suka nyolek tiket promo mah mara soleha, aku dikasih tau Mara kok :)

      Delete
  7. wah, nambah informasi baru nih.. semoga saya bisa nyusul ke kuala lumpur Aamiin

    ReplyDelete
  8. Duhh asyiknya. Ajak dong kakak klo mau pelesiran ke luar negeri lagi :D
    nah..ternyata bisa diatasi ya dan kelihatannya ga terlalu rumit klo ada nama beda di dokumen atau tiket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kak siti colek Mara ya yang suka tahu dan kasih info tiket promo Mara soalnya :)

      Delete
  9. Semoga wishlistnya terwujud ya. dengan segala kemudahan dan kelancarannya..

    ReplyDelete
  10. Seneng deh liatnya bisa pergi rame-rame gitu jadi mupeng apa daya perut sedang membuncit kemarin semoga wish list selanjutnya segera terwujud ya mbak vita amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dan, selamat ya buat bayi ketiganya, Aamiin :)

      Delete
  11. Duhh untungnya bisa berangkatya aku juga lg Cari tiket murah nih biar bisa Berangkat ,, seneng y klo dot tiket promo gitu happy bngt aplg traveling sama suami

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah.. akhirnya bisa jalan-jalan ke Penang ya Mba. Barakallah... bikin pengen.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan penang arin, ke prnang mah cancel taun kemarin, ini ke melaka ama kuala lumpur heuheu, Alhamdulillah, nuhun :)

      Delete
  13. Olalaaa ternyata gitu tho Mbaaa
    Makasii makasiii banget infonya ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah banget ya masalah bisa terselesaikan tanpa kendala.. jadinya happy, pikiran juga fresh pas liburan 😍

    ReplyDelete
  15. Seru ya mbak jalan2 rame2 pengen juga ke luar negeri tapi nabung buat umroh dulu aja deh kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru mbak mi, Alhamdulillah, semoga disegerakan, memang selain niat harus nabung, iya aku juga umroh duluan 2013,thailand 2015,kuala lumpur 2019 :)

      Delete
  16. Wahh bisa ya ternyata, syukurlah perjalanan jadi happy deh. Pasti seru banget jalan-jalan rame g it u

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah bisa terwujud impian kita jalan-jalan bareng ya Vit. Aku abis ini juga konsen mau umroh sekeluarga. SEmoga doa kita diijabahNYA, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya Aamiin :), aku mah unroh udah bertiga ama adik dan suamiku, sekarang haji saatnya InsyaAllah :)

      Delete
  18. beneran kalau soal nama di tiket itu sensitif banget...jadi sering deg2an juga, terutama kalau dibeliin tiketnya sama orang lain dan nggak teliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak sara, betul sekali aku pas umroh 2013 nama betul pas vitanya pakai v semua, as ke thailand juga, kemarin pas temenku hectic, iya Alhamdulillah untungnya bisa remaks pas check in check out keluar nama sesuai paspornya :)

      Delete
  19. Alhamdulillah ya mbak bisa berangkat. Udah ketir2 sih. Aku setuju sama mBak Sara nama di tiket itu sensi. Bukan krn soal jadi gak jadi berangkat, tapi juga soal asuransi gtu (walau gak minta) misal terjadi kecelakaan atau apa.
    Alhadulillah kasusmu semua baik2 dna bisa liburan dengan happy ya mbak :D Ikut seneng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali, Alhamdulillah, huum pertama waktu ke mekah madinah 2013 dan bangkok pattaya thailand 2015 betul namaku sesuai paspor dan ktp, nah pas kemarin aja beda panjanya jadi p harusnya v pas vitanya, iya remaks keluar nama aslinya sesuai paspor pas chek in dan chek out :)

      Delete
  20. Kalau nemu tiket promo ntu pengennya langsung terbang yuhu....untung walau namanya salah masih ttp bisa pergi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya atuh mbak, 2013 umroh ala koper bukan promo, 2015 thailand bukan promo juga ala koper, ini kemarin taun ini 2019 nyoba ala ransel dari tiket promo dan apa2 hemat heuheu

      Delete
  21. Satu huruf kalo doal dokumen memang sensi dan berpotensi bikin susah segala seuatu ya. Tp syukurlah kemaren gpp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak uun Alhamdulillah bisa remaks alias ditandai saat check in di bandara :)

      Delete
  22. Untungnya masih bisa berangkat ya mba. Itu kesalahan operator tiket atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak crosscheck dengan foto paspornya heuheu, iya Alhamdulillah, dan pihak tiket juga membantu :)

      Delete
  23. Aku juga pernah mengalami hal sama dan alhamdulillah tetap aman ya bisa berangkat

    ReplyDelete
  24. Syukurlah ga jadi ribet ya kak. Untung acc dg remaks aja.

    ReplyDelete
  25. Bener-bener...suka addaa aja ujian kalau mau safar.
    Dan alhamdulillah, mudah terselesaikan dan bisa berangkat happy-happy.
    Yeeay~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ujian kesabaran, jika sabar dan tawakal selalu ada jalan keluar, Alhamdulillah :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup