Friday, June 21, 2019

3 Cara Mengatasi Insomnia



Bagi sebagian orang, begadang adalah solusi paling tepat untuk mengerjakan aktivitasnya. Namun biasanya, kebiasaan begadang juga lama kelamaan bisa mendatangkan penyakit sulit tidur. Insomnia sendiri adalah situasi di mana orang-orang sulit untuk memejamkan mata dan tertidur. Kesulitan tidur ini juga sangat buruk untuk tubuh karena dapat menyebabkan kurang fitnya tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Namun, tidak dapat disangkal lagi, banyak sekali jumlah orang yang sudah mengalami penyakit ini setiap tahunnya. Rata-rata usia penderita berkisar antara 16-20 tahun ke atas.  Banyak orang yang memang masih menganggap sepele soal gangguan tidur yang satu ini. Padahal, jika dibiarkan gangguan tidur satu ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

3 Cara Ampuh Menangani Insomnia
Insomnia ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan kadar otak. Penderitanya juga cenderung mengalami kegelisahan yang lebih sering dibandingkan dengan orang normal. Selain mengalami kegelisahan, penderita penyakit ini juga sering mengalami kagetan. Kedua hal ini disebabkan oleh kurangnya konsentrasi otak yang bersumber dari kurangnya istirahat. Gangguan tidur yang satu ini juga dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti obesitas dan penurunan daya ingat. Bagi kamu yang sering mengalami gangguan tidur ini berikut 3 cara ampuh untuk mengatasinya.

1.     Rutin mengonsumsi buah kiwi
Buah kiwi kaya akan melatonin yang merupakan zat kimia alami yang dapat membantu kita tertidur dengan pulas. Sebaiknya, makanlah 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur karena nantinya zat melantonin akan bekerja lebih baik dan akan membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak. Konsumsilah buah ini secara rutin sekiranya sekitar empat minggu sampai insomnia yang kamu alami mulai perlahan hilang.

2.     Jauhkan alat-alat elektronik
Pastikan untuk menyingkirkan alat alat elektronik seperti handphone, televisi, laptop, dan yang lainnya. Karena selain membuat tidur anda tidak nyenyak, alat-alat ini juga memancarkan radiasi yang tidak hanya dapat mengganggu tidur tapi juga dapat merusak mata serta mempengaruhi daya kerja otak. Suara maupun gambar yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merangsang otak dan membuat kamu sulit tertidur.

3.     Mengonsumsi makanan bertryptophan sebelum tidur
Tryptophan sendiri merupakan zat kimia yang dapat merangsang otak untuk memejamkan mata dan mempercepat tidur. Tryptophan adalah salah satu dari 20 asam amino yang menyusun protein bagi manusia. Namun, sayangnya zat kimia ini tidak diproduksi di dalam tubuh kamu, melainkan bisa kamu dapatkan melalui beberapa makanan seperti daging ayam, kalkun, kacang kedelai, ataupun ikan tuna.

Selain menerapkan 3 cara mengatasi insomnia di atas, anda juga bisa melakukan update mengenai informasi-informasi seputar kesehatan melalui situs sehatq.com. Tidak hanya informasi seputar kesehatan saja, di situs ini kamu juga bisa berkonsultasi soal keluhan kesehatan terhadap pakar medis yang sudah berpengalaman karena situs ini menyediakan forum diskusi untuk tanya jawab.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup