Thursday, December 13, 2018

10 WISATA KECE DI GARUT

Garut dikenal dengan nama kota Intan, identik dengan domba Garut, dan disebut juga Swiss Van Java. Garut pangirutan yang artinya menarik hati, baik tempat wisatanya, orangnya dan kulinernya. Aku sendiri lahir di Garut 37 tahun lalu, makanya logat Sundaku kental banget, karena memang AsGar asli Garut. Berikut tempat wisata dan kuliner Garut yang pernah kukunjungi, siapa tahu untuk referensi liburan akhir tahun di Garut. 10 wisata kece yang wajib dikunjungi di Garut yaitu :

1. Gunung Papandayan


Dokpri. 
Gunung Papandayan

Daya tarik wisata di Gunung Papandayan, ada kawah,  hutan mati dan ladang edelweiss. Papandayan adalah salah satu gunung api aktif jenis strata dengan ketinggian 2662 mdpl. Menurut klasisikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B,  dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70-80 % dan temperatur 10-25 •C.  
Nama Papandayan berasal dari cerita rakyat yang konon mendengar suara gaib pada saat melintasi gunung. Suara itu terdengar seperti seorang pandai besi yang sedang mengolah besi menjadi perkakas. Dalam catatan sejarah, Papandayan telah meletus beberapa kali,  diantaranya 12 Agustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942 dan terakhir pada tanggal 11 November 2002.

Jika dari Jakarta pakai kendaraan umum, naik bus Karunia Bakti atau Primajasa jurusan Jakarta Garut, turun di terminal Guntur Garut, lalu naik angkutan elf jurusan Garut-Cikajang seorangnya 15 ribu rupiah. Jika dari kota Bandung bisa dari terminal Leuwi Panjang atau terminal Cicaheum menggunakan angkutan elf jurusan Bandung-Cikajang seorang 30 ribu rupiah, lalu turun di Kecamatan Cisurupan. 


2. Kebun Mawar


Dokpri. 
Kebun Mawar

Kebun mawar dari rumah ortu di Tarogong Garut tinggal lurus ke jalan Samarang, ke arah kamojang, nanti belok kanan arah Sampireun resort terus aja lurus ke kebun mawar nanti belok kanan lagi. Tiket masuk 22 ribu 500 rupiah kalau weekend, kalau hari biasa 17 ribu 500 rupiah per orangnya. Anak- anak balita free. Di kebun mawar kita bisa lihat berbagai jenis mawar dan penuh aneka warna. Ada merah, pink, kuning dan batik. Ada begonia juga dahlia.

3. Darajat Pass


Dokpri. 
Darajat Pass

Lokasi kalau dari Bandung terus lewatin alun-alun Tarogong, sebelah kiri jalan adung nah belok kanan ke darajat, abis kantor PU dan kampung sampireun terus aja naik lurus ke atas. Selama perjalanan bisa lihat yang hijau-hijau sawah dan kebun-kebun sawi juga kol, sebelum kawah kamojang dan setelah kolam renang BRI. Harga tiket masuk per orang 30 ribu rupiah ditambah parkir mobil 5 ribu rupiah. Udaranya adem dan sejuk airnya hangat, membuat betah berlama-lama disini. Orang dewasa dan anak-anak bisa berenang dan berendam di kolam renang darajat pass, di belakang itu ada villa bisa buat menginap juga. Selain itu terdapat saung untuk lesehan menyantap makanan bekal atau yang dibeli disini bersama keluarga. 

4. Sabda alam dan Cipanas indah


Dokpri. 
Sabda Alam

Untuk ke Sabda Alam dan Cipanas Indah dari alun-alun Tarogong Garut cukup naik angkot coklat jurusan Cipanas, sekitar 15 menit,   ketika turun dari bis dari Jakarta turunnya dari alun-alun Tarogong saja. Dabda alam tiket oer orangnya rada lumayan sekitar 100 ribu rupiah ler orangnya, sekarang selain gelas tumpah juga ada kolam ombaknya. Jika Cipanas Indah cukup membayar 25 ribu rupiah saja, tapi kolamnya sederhana. 

5. Kampoeng bali


Dokpri. 
Kampoeng Bali
Berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara no.17 Cibunar Cibatu Garut 44185 Jabar. Fasilitas di kampoeng bali atau Graha Liman Kencana ini ada spot foto, arena bermain anak, museum, mushola dan penginapan. Sayang kantinnya merangkap musola, gak tau apa karena waktu kesana saat lebaran jadi ramai. Dan tempat parkirnya sempit. Wisata alamnya ada horse riding, arung jeram di sungai Cimanuk, flying fox, paint ball, bumi perkemahan dan ATV. Dari segi budayanya ada candi, pure, rumah adat nusantara, koleksi pusaka nusantara dan budaya daerah.

 6. Alun-Alun garut


Dokpri. 
Babancong Pendopo Garut

Babancong ikon kota Garut, dan tempat pidato Bupati kalau apel pagi dan sambutan dari pihak KBIH yang mau nganter yang ibadah haji. Suka digembok, kalau hari libur jadi gak bisa naik kesini. Kalau mau nganter yang ibadah haji aja masuk kesini harus punya kupon pengantar lho. Di alun alun Garut ini ada dokar domba Garut lho. Yang naik balita ama batita, yang ringan, kalau yang gede kan kasian dombanya atuh. Tarif per anak 5 ribu rupiah satu putaran alun-alun. Keponakanku takut naik ini harus ama aku,  ah gak jadi, gak tega kalau aku ikut naik kasian dombanya beurateun hehe. Selain dokar domba ada vespa, mobil dan motor mini juga.


Dokpri. 
Mesjid Agung Garut

Mesjid Agung juga dipakai saat Jum'atan, saat Lebaran Idul Adha dam Idul Fitri untuk solat, dalam sehari-harinya juga suka ada kajian dan solat 5 waktu berjamaah disini. 

8. Chocodot Garut dan Pasar Ceplak



Toko Chocodot

Ini toko chocodot, berawal dari pemilik toko yang punya ide membuat variasi dodol yang selama ini hanya ada rasa buah, dan susu saja, sang pemilik berinovasi membuat variasi coklat dengan dodol. Nih macam-macam chocodot ada jeruk, stroberi, jahe, cabe, rempah, disini tersedia bandrek dan bajigur juga.

Dokpri. 
Pasar ceplak

Pasar Ceplak, pasar penuh pedagang kaki lima berbagai kuliner dari cemilan sampai lauk pauk ada disini dengan harga standar. Berada di pusat kota Garut, sepanjang jalan dekat pertokoan di Garut, buka sore hingga malam hari. 

9. Resto Asep Stroberi


Dari instagramku
Asep storberi alun-alun Garut

Memang nasi liwetnya yang masih panas dan enak ini bener-benar lezat, ayam kampung/pejantannya pun lezat.Tempenya dikasih tepung mirip mendoan kalau di jawa.Tahu dan sambel lalapnya juga enak. Nasi liwet disajikan di dalam kastrol (sejenis panci khusus buat ngaliwet). Ayam, tempe, tahu goreng dan lalap sambel disajikan di atas cecempeh (wadah dari kayu tapi lebar). Lalapnya ada timun, tomat, selada dan kol.

10. Resto Kampung Muara Sunda


Dokpri. 
Suasana di kampung muara sunda 

Kampung Muara Sunda,  berada di kota Garut arah ke kecamatan Bayongbong. Suasana di Kampung Muara Sunda makan di tengah sawah dan kolam ikan emas. Disini pun instagramable dan menambah nikmat makan bersama keluarga. 

Dokpri. 
Domba Garut

Selain buliran padi yang menguning dan kolam ikan, Kampung Muara Sunda juga banyak aksesoris domba Garut di setiap sudut ruangan yang ada meja kursi tempat makan, kita tetap memilih yang lesehan menghadap ke sawah dan sebelah kolam ikan. 


Jika ingin ke Garut dari Jakarta dan Bogor atau kota lainnya bisa menggunakan bus. Pesan tiket bus bisa online sekarang di Tiket Bus Traveloka.
Liburan tahun baru sudah di depan mata, untuk liburan bersama keluarga tercinta, Garut juga bisa dijadikan pilihan, karena komplit tempat wisatanya indah-indah dan kulinernya enak-enak.

16 comments:

  1. Wah keren tuh pemandangan alam gunung Papandayannya ...

    ReplyDelete
  2. Asyik2 euy wisata di Garut..aku blm pernah nih..

    ReplyDelete

  3. Keren ya list tempat wisata di Garut..jadi pengen kesana..

    ReplyDelete
  4. Keren bgt ya garut. Aku blm pernah sama sekali ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera bisa berlibur ke garut bersama keluarga ya mbak ida :)

      Delete
  5. Aku tu udah lama pengen ke Garut,, belum jadi mulu.
    Eh sekarang makin gampang ke sana ya, bisa pake bus dan beli di Traveloka. Tahun depan ah. Semoga kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lin tinggal pesan tiket bus di traveloka, hayuk ke garut atuh :)

      Delete
  6. Sehari mana cukup mengunjungi ke 10 list ini, Vit? Harus nginap 2 malam deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 hari 2 malem atau seminggu biar lebih puas, iya mbak wati aku aja itu gak 10-nya dalam sehari kok :)

      Delete
  7. Penasaran sama Asep Stroberi hihi menyenangkan sekaliii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nasi liwet komplit dan jus stroberina enak pisan yeuh mbak dew :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup