Friday, December 7, 2018

Healthier, Longer and Better Lives with AIA

Dokpri. Difoto oleh Siti Nurjanah.

Kamis tanggal 6 Desember 2018 kemarin bertempat di Elite Club Kuningan menghadiri acara AIA Healthy Living Day. #HealthyLivingDay ini diselenggarakan oleh #AIAIndonesia dalam rangka agar tingkat kepuasaan kesehatan masyarakat meningkat. Karena hasil riset AIA Living Index 2018 tingkat kepuasan masyarakat di Asia turun dari 84% di 2016 menjadi 81% di 2018, padahal gaya hidup sehatnya meningkat dari 4.7 di 2016 jadi 5.0 di 2018.

Jujur saya sendiri jarang berolahraga, olahraga palingan seminggu sekali, di sabtu atau minggu CFD-an sekaligus kulineran heuheu. Cuma sayangnya di masyarakat kita olahraga iya tapi makanan gak dijaga. Harusnya olahraga rutin dan asupan makanan dijaga harus sehat. Anggapan bahwa olahraga menyita waktu dan bikin capek itu salah besar, dengan meluangkan waktu untuk berolahraga sebentar tapi rutin justru bikin badan segar dan bugar, gak gampang sakit karena imunitas tubuh meningkat. Sama halnya dengan buah dan sayur makanan sehat dianggap mahal menguras kantong, padahal jika kita bandingkan dengan kita sakit pasti biaya yang dikeluarkan tak sedikit dan pastinya gak enak di badan kita. 
Jadi banyak di masyarakat kita, olahraga dan makan makanan sehat berhenti, karena dianggap membutuhkan banyak usaha dan tidak efektif. Hasil survei dari masyarakat Indonesia, 73% makanan sehat dianggap lebih murah di 2018, 62% masyarakat menganggap makanan sehat lebih mahal di 2016. 
Aku sendiri pernah konsumsi makanan sehat dari bikin sendiri food combaining makan 3 macam buah ketika sarapan dengan yoghurt atau jus buah tanpa gula, lalu makan siang dengan yang ditumis dan dioven, kurangi gorengan dan  hindari junk food. Iya sih lebih mahal tapi badan lebih fit,  pernah juga nih pesan catering khusus program kehamilan berdua suami tanpa msg dan makanan organik juga proteinnya lemak baik, rasa makanan rasa asli makanannya itu sendiri, beras juga merah nasinya. Mayan sih buat seminggu hanya makan siang atau malam saja, biayanya bisa untuk makan berdua dua minggu 3x sehari, sedangkan makan makanan sehat menu makan siang dan malam tadi berdua suami dan hanya dimakan saat siang di kantor hehe. 

Dokpri. Foto diambil olehku.
Salah satu gerakan Zumba. 

Menurut ibu Kathryn Monika Parapak (difoto sebelah kiri) selaku Head of Brand and Communication PT AIA Financial. Karena AIA berasal dari Shanghai, melakukan riset di Asia Pasifik untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai kesehatan dan harapan mereka untuk hidup yang lebih baik. Survei dilakukan via telepon dan online, untuk Indonesia face too face. Survei AIA Healthy Living Day untuk dasar pendekatan pengembangan produk dan layanan #AIAIndonesia,  dan agar masyarakat termotivasi untuk menjalankan pola hidup sehat #HealthyLivingDay. Bu Kathryn juga memaparkan pentingnya medical check-up,  untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit sejak dini. Cuma kadang banyak masyarakat malas melakukan medical check-up dengan alasan biayanya mahal, takut ketahuan penyakitnya. Aku termasuk yang kategori gak medical check-up karena biayanya mahal, soalnya kalau suamiku kerja di perusahaan Farmasi yang setiap tahunnya selama kerja 10 tahun disana selalu medical check-up di awal tahun wajib ikut dan dibayar perusahaan full,  lumayan kalau biaya sendiri all out medical check-up 1.5jutaan. Nah aku dari dulu jaman kerja sebagai guru, dosen dan Apoteker kerja di Apotek dan Pedagang Besar Farmasi gak ada dikasih fasilitas medical check-up hanya bpjs kesehatan faskes 2 aja heuheu. Dan kalau berobat juga nebeng ke fasilitas asuransi dari kantor suami sebagai istri hihi,  dan kini setelah resign ikut pindah juga bpjsnya ke kantor suami, yang bisa ikut istri sah dan 3 orang anak kandung hehe. 

Dengan medical check-up bisa ketahuan penyakit kritis, contohnya jantung yang dikenal dengan silent killer juga kanker. Padahal kalau sudah kena penyakit jantung dan kanker lumayan mahal biaya pengobatannya. 
Survei AIA Healthy Living Index 2018, survei dilakukan di 16 negara, 11.000 responden usia di atas 18 tahun,  termasuk 750 koresponden Indonesia,  diantaranya dari negara Australia, Filifina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. 

Dokpri. Foto diambil olehku.

dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK (difoto yang ditengah) , sekarang meningkat prevelensi penyakit tidak menular ditemukan dalam Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas 2018. Sebetulnya tak sulit konsumsi makan makanan sehat, hanya cukup perbanyak konsumsi sayur dan buah serta membatasi makanan kemasan dan ada pengawetnya. Hindari GGL/Gula Garam Lemak, setidaknya sayur dan buah dikonsumsi 400gr per hari, dan 30% dari total asupan energi untuk asupan total lemak.
Dengan diet yang seimbang dan rutin berolahraga dapat mengurangi resiko obesitas/kelebihan berat badan, kanker, penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Credit. Foto oleh Nurdalilah Putri dan Sadewi Handayani. 

Di acara AIA Healthy Living Day ini diadakan Zumba bersama mbak Laila Munaf (instruktur zumba dan owner Sana studio). Dimana menurut mbak Laila badan kurus atau gemuk gak menjamin sehat, untuk berolahraga diperlukan niat dan konsistensi juga perlu role models contoh nyata siapa yang rajin olahraga di keluarga. Mbak Laila terinspirasi dari neneknya yang masih suka berenang hingga kini, di kelasnya Sana Studio ibu hamil aja masih rajin olahraga seijin dokter kandungannya. 

Olahraga saat ini mudah dilakukan karena sudah banyak sarana olahraga bermunculan tidak hanya di kota besar. Dengan hidup sehat dapat menikmati hidup yang berkualitas. Keinginan dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan aktif dan rutin olahraga itu penting. Ingat dulu di Semarang rumahku kabupaten Demak ada tetangga instruktur senam, suka aerobic bareng tetangga lainnya juga pas hari Minggu satu RW senam bareng di perumahan seru dan menyenangkan sekaligus sehat.
Sekarang merantau di Jakarta tinggal kabupaten Bogor,  paling olahraga naik turun tangga rumah dan pakai body six pack alat olahraga yang ada di rumah aja.

Pengalamanku ikut Zumba kemarin, seru dan asyik, bikin happy dan segar badanku. Dan tadinya pinggang dan lututku yang agak sakit jadi enakkan abis Zumba 30 menit kemarin. Kata mamahku harus terus aja olahraga Zumba atau Yoga atau renang biar lekas bisa hamil dan punya anak hihi. Ya mungkin kita masuk kategori unexplain infertility karena kurang olahraga hee. 

Dokpri. Foto olehku dan Siti Nurjanah.

Aku dan mbak Laila Munaf, kalau instrukturnya energik, ceria dan penuh semangat juga senyum terus gini mah kitanya juga kebawa jadi semangat Zumba dan bahagia heuheu. Jadi ketagihan aku buat Zumba lagi deh. 

Untuk merespon kondisi kesehatan masyarakat saat ini #AIAIndonesia konsisten dengan menyediakan produk proteksi dan rencana keuangan jangka panjang,  juga aktif menyerukan gaya hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Menu makan yang disuguhkan di acara AIA Healthy Living Day ini juga sehat, kentang rebus yang dihaluskan dan iga bakar dengan saus barbeque juga minuman jus buah semangka, melon dan mangga. Air putihnya juga infused water lemon , dan cemilannya sehat ada fitbar bluberry, biskuit gandum julie dan naraya oats creaker, enak semuanya dan sehat.

Salah satu program AIA Championship for women dan AIA sepak bola untuk negeri. Sepakbola perempuan ini agar mengembangkan potensi perempuan yang minat sepak bola dan mendonasikan 10.000 bola untuk anak-anak Indonesia.#HealthyLivingDay

Produk dari #AIAIndonesia adalah asuransi dengan prinsip syariah, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi program kesejahteraan karyawan dan program Dana Pensiun/DPLK.
AIA perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sudah banyak penghargaan dan termasuk perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang mempunyai tagline Healthier, Longer and Better Lives with AIA. 

Instagram @aiaindonesia
Facebook https://www.facebook.com/AIAIndonesia/

Yuk ah kita jaga asupan makanan kita, dan rutin berolahraga, pola makan sehat sesuai tumpeng gizi seimbang, pola tidur harus cukup dan pola pikir juga harus sehat dengan keep positif thinking dalam menghadapi hidup ini.  Agar lebih sehat/healtier, panjang umur/longer, dan hidup kita lebih baik lagi dari kemarin/better lives. 







55 comments:

  1. mulai sekarang kalau udah merasa terlambat. harus bener2 bergaya hidup sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yuk biar lebih sehat juga panjang umur dan lebih baik lagi dari kemarin mbak noorma :)

      Delete
  2. Olah raga, makan makanan sehat, dan bisa memenej pikiran adalah kunci hidup sehat ya Mbak. Sederhana sebetulnya tapi butuh komitmen tinggi dalam melaksanakanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak evi, simple tapi harus disiplin dan konsisten menjalankan pola makan, pola pikir dan pola istirahat yang cukup :)

      Delete
  3. Nah, olga secara kontinyu juga peer besarku sekarang. Apalagi kalau baca jumlah tabel kalori makanan favorit. Duh, rasanya gerak badan yang udah dilakukan nggak seberapa dibanding kalori yang masuk hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mbak kadang udah makanan manis ingin yang asin udah minum jus ingin teh atau susu dan kopi, tapi harus mulai disiplin nih biar sehar dan lekas hamil kalau aku mah :)

      Delete
  4. Aku pun jarang berolah raga mbak Vit...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk olahraga atuh bundir biar makin fit dan sehat 😊

      Delete
  5. Aku udah jalan seminggu tiga kali, kalo tiap hari juga jalan cuma deket aja pas belanja. Yang penting menjaga pola makannya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus keduanya bahkan tiga, makan, tidur dan olahraga harus dijaga polanya mbak wati biar fit dan bugar :)

      Delete
  6. Wah asyik nih olahraga zumba bareng rame2 ya

    ReplyDelete
  7. Hidup sehat itu gampang-gampang susah ya. Yang susah itu memulainya haha. Suka males bangun pagi trus olahraga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum harus mulai sekarang lalu disiplin dan kosisten untuk olahraga :)

      Delete
  8. Ayo olahraga viiit, yoga atau zumba tuh asyik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum bener mbak dew yoga ma zumba seru dan asyik enak di badan :)

      Delete
  9. Kalau saya rutinnya sepedaan sih, setidaknya sudah olahraga hahahah

    ReplyDelete
  10. Sehat banget acara ini. Diajak zumba, makanannya pun juga baik buat kebutuhan energi. Abis zumba kan paper ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya abis olahraga biasanya haus dan laper, tapi kemarin sebelum zumba makan siang dulu, abis zumba dikasih cemilan sehat, jadi gak begitu lapar heuheu

      Delete
  11. Asyiknya ada zumba jadi kangen pengen zumba :)

    ReplyDelete
  12. Tidak rajin olahraga, tapi jaga makan itu cukup bagus
    rajin olah raga tapi gak jaga makan, itu gak bagus
    yang paling bagus memang rajin olahraga dan jaga makan

    Cuma perlu 21 hari kok untuk konsisten berolah raga. Kalau dalam 21 hari pertama gak ada bolongnya, pasti berikutnya akan lanccar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, harus dua duanya, olahraga dan makanan rutin dan dijaga, iya setelah 21 harian suka semangat, yang berat minggu pertama :)

      Delete
  13. Seru ya olahraganya, memang dibutuhkan niat yg kuat buat konsisten berolahraga kalau gak konsisten ya kurang ada efeknya baik buat kesehatan atau tujuan lainnya seperti pgn lebih kurus gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya olahraga buat sehat aja ya mbak ria dan kudu konsisten :)

      Delete
  14. Butuh niatt yang kuaatt buat konsiaten olah raga,,dan aku masih wacana teruss mba vit hehehe

    ReplyDelete
  15. Ejie jarang banget olahraga ni teh vita... Zumba asik keknya yah? Gerakannya atraktif.

    ReplyDelete
  16. Selain pola makan sehat, gaya hidup seimbang dgn melakukan kegiatan fisik jug harus jd perhatian ya vit

    ReplyDelete
  17. Udah beberapa tahun terakhir, aku coba terapkan healthy and active lifestye.
    Enaaakkk bgt di fisik dan mental :D
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan hidup sehat dan olahraga makin tambah sehat :)

      Delete
  18. iya Mari mulai sekarang kita menjaga pola hidup kita untuk masa depan yang ceria sepakat Mbak caranya mudah cukup dengan tidur teratur, makan teratur olahraga juga teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip yuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :)

      Delete
  19. Setuju. Ma gemuk atau kurus yang pemting sehat. Senang ya berzumba ria Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kurus belum tentu sehat, juga gemuk tetep harus olahraga juga baik kurus dan gemuk :)

      Delete
  20. Mba Vita kayaknya aku juga butuh olahraga nih, udah naik 70 kg loh...naiknya gampang, nurunin susah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak milda aku juga gitu dulu gadis 38kg sekarang 56kg atau 58kg mau turun lagi ya susah, udah mengatur pola makan dan olahraga juga :)

      Delete
  21. Pola hidup Sehat olah raga teratur isitirahat seimbang semua klo teratur Dan rutin InsyaAllah Kita akan sehat2 ya mba

    ReplyDelete
  22. Aku jadi pengen zumba lagi nih mba. Seruuu tau, sehat jugaaa

    ReplyDelete
  23. Medical check up itu pentiiiing banget terutama buat perempuan yg usianya kepala tiga, buat jaga2 kesehatan juga. Ketje nih AIA peduli pada kesehatan perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali mbak aya udah kepala 3 memang harus makin concern ke kesehatan ya :)

      Delete
  24. Wiiih kebayang serunya zumba bareng2 gitu..

    ReplyDelete
  25. Saya tuh salah satunya yang dulu berpikiran malas medical check up karena Mahal Dan takut ketauan penyakitnya. Padahal kalau ketauan lebih awal Kan malah bagus ya, jadi bisa ditangani lebih dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali mbak nanie jadi ketauan sakit aa dan bisa segera diobati :)

      Delete
  26. Agak ngena banget yang peringatan MCU, klo direnungkan rasanya udah lama bgt dari terakhir kali. Survei yg menggambarkan lifestyle dan perhatian pada kesehatan dari AIA seakan mengingatkan msh banyak yg lalai mengenai kesehatan

    ReplyDelete
  27. kesehatan emang sesuatu yg berharga, kadang baru merasa pas udah tumbang mbak, jangan sampai ya. TFS mb, informatif sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama mbak, iya bener harus rajin check up dan pola hidup sehat :)

      Delete
  28. Wahh ada ya katering khusus program hamil? Bagus sih tanpa MSG dan emang disesuaikan dengan kebutuhan utk promilnya. Semoga disegerakan hamil ya mbak. Salut juga nih sm AIA yang selalu support kesehatan masyarakat ya termasuk dengan Risetnya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada waktu di semarang lempapuno di jakarta momymoi ada kok khusus, huum mbak :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup